Pages

Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK
Bidang studi                       : Matematika
Kelas/ Semester               : X/ Ganjil
Alokasi Waktu                   : 2 x 54 Menit (1 Pertemuan)

Standar Kompetensi
:
Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Indikator
:
1.       Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
2.       Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
3.       Menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
4.       Menentukan nilai kebenaran dan ingkarna dari suatu pernyataan berkuantor
A. Tujuan Pembelajaran

a.       Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Perserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
c.       Peserta didik dapat menentukan konvers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi berserta nilai kebenarannya.
d.      Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.
B. Materi Ajar

a.       Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Ingkaran (Negasi) dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
c.       Konvers, invers, kontraposisi.
d.      Nilai kebenaran dari pernyataan berkuantor dan ingkarannya.
C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

Pendahuluan

Apersepsi
: - Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan dan nilai kebenarannya.
  - Membahas PR

Motivasi
:
Banyak pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.

Kegiatan Inti

a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi di buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang berhubungan dengan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Perserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang.
c.       Dalam kelompok masing-masing perserta didik berdiskusi mengenai:
1.       Pengindentifikasian pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.
2.       Mengidentifikasian karakteristik pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
3.       Perumusan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berntuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi. Dengan tabel kebenaran.
4.       Penentuan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
d.      Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu penyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.

Penutup

a.       Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyatanan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.

Pertemuan Kedua

Pendahuluan

Apersepsi
: - Mengingat kembali tentang pengertian ingkaran atau negasi suatu pernyataan

Motivasi
:
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka perserta didik diharapkan dapat menentukan ingkaran atau negasi dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.

Kegiatan Inti

a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi di buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang berhubungan dengan cara menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau memperesentasikan cara menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh soal.
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
e.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “aktifitas kelas” dalam buku paket.
f.        Peserta didik memberikan uraian singkat seputar materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi. Pada kuis yang dilakukan.

Penutup

a.       Peserta didik membuat rangkuman dari materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.
b.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi Deri soal-soal latihan dalam buku paket.

Pertemuan Ketiga

Pendahuluan

Apersepsi
: - Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan majemuk berbentuk   
     implikasi.
  - Membahas PR

Motivasi
:
Apabila materi dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.

Kegiatan Inti

a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi di buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang berhubungan dengan cara menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya. Kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
c.       Peserta didik dan guru bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai  cara menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
d.      Peserta didik mengerjalan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.

Penutup

a.       Peserta didik membuat rangkuman dari materi konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
b.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.

Pertemuan Keempat

Pendahuluan

Apersepsi
: - Membahas PR

Motivasi
:
Banyak pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan berkuantor. Apabila materi dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.

Kegiatan Inti

a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi di buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang berhubungan dengan cara menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor. Kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.
c.       Peserta didik dan guru bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai  cara menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
d.      Peserta didik mengerjalan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
e.      Peserta didik dingatkan untuk mempelajari materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkaran (negasi) pernyataan, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan ingkarannya, konvers, invers, kontraposisi, serta nilai kebenaran pernyataan berkuantor dan ingkarannya untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

Penutup

a.       Peserta didik membuat rangkuman dari materi sistem persamaam linear dan berbentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.
b.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pernyataan berkuantor dan ingkaran (negasi) pernyataan berkuantor berdasarkan soal-soal latihan dalam buku paket yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Pertemuan Kelima

Pendahuluan

Apersepsi
:
Mengingat kembali materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkarna (negasi) pernyataan, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan ingkaran konvers, invers, kontraposisi, serta nilai kebenaran pernyataan berkuantor dan ingkarannya.

Motivasi
:
Agar perserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkaran (negasi) pernyataan, nilai kebenaran pernyataan  majemuk dan ingkarannya, konvers, kontraposisi, serta nilai kebenaran pernyataan berkuantor dan ingkarannya.





Kegiatan Inti

a.       Peserta didik diminta menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.      Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.       Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberikan peringatan bahwa ada sanksi bila perserta didik mencontek.
d.      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai

Penutup

Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang kesetaraan (ekuivalensi) dari pernyataan majemuk.
E. Alat Sumber Belajar

Sumber:

-          Buku Paket, yaitu buku Matematika SMK
-          Buku referensi lain.

Alat
-          Laptop
-          LCD
-          OPH
F. Penilaian

Teknik
: Tugas Kelompok, kuis, ulangan harian, tugas individu.

Bentuk Instrumen
: Uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.

Contoh Instrumen
:

1.       Tentukan nilai kebenaran dari konjungsi “garis  melalui titik (1,2) dan (2,1)!”
2.       Tentukan negasi dari:
a.       Jika
b.      Jika guru matematika tidak datang, maka semua siswa senang
3.       Tentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari implikasi berikut, kemudian tentukan nilai kebenarannya!
a.      
b.     
4.       Tentukan nilai kebenaran pernyataan-pernyataan berikut.
a.      
b.     



Mengetahui,
Kepala SMK





HARI SUPRAYITNO, S.Pd, MM
NIP. 19671002199101 1 003
Pujon, ................ 2015
Guru Mata Pelajaran





Drs. MISBAHUL MUNIR
NIP. 19690304200801 015












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMK
Bidang studi                       : Matematika
Kelas/ Semester               : X/ 2
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 Menit (5 Pertemuan)

Standar Kompetensi
:
Menggunakan logika Matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar
:
Memahami pernyataan dalam Matematika dan ingkaran atau negasinya
Indikator
:
5.       Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dalam kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
6.       Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
Alokasi Waktu
:
2 Jam Pelajaran (1 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran

e.      Peserta didik dapat menjelaskan arti contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
f.        Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
B. Materi Ajar

e.      Pernyataan nilai kebenarannya.
f.        Kalimat terbuka dan himpunan penyelesaian.
g.       Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan dan nilai kebenaranya.
C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

Pendahuluan

Apersepsi
: -

Motivasi
:
Apabila materi ini dikuasi dengan baik, maka perserta didik diharapkan dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, serta dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenaranya.

Kegiatan Inti

e.      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi di buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka cara menentukan nilai kebenarannya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
f.        Peserta didik menkomunikasikan antara lisan atau mempresentasikan penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
g.       Peserta didik mengerjakan soal mengenai pengidentifikasian kalimat yang merupakan pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya dari aktifitas di kelas.
h.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari aktifitas kelas
i.         Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan.
j.        Peserta didik memberikan uraian singkat materi pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya pada kuis yang dilakukan.

Penutup

a.       Peserta didik membuat rangkuman materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
b.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

c.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah(PR) berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
E. Alat Sumber Belajar

Sumber:

-          Buku Paket, yaitu buku Matematika SMK
-          Buku referensi lain.
F. Penilaian

Teknik
: Tes lisan, Kuis

Bentuk Instrumen
: Tanya Jawab, uraian singkat

Contoh Instrumen
:

1. Sebutkan beberapa contoh kalimat terbuka dan kalimat pernyataan.
2. tentukan ingkaran atau negasi dari pernyataan:
     a.
        
     b.
         ...................


Mengetahui,
Kepala SMK





HARI SUPRAYITNO, S.Pd, MM
NIP. 19671002199101 1 003
Pujon, ................ 2015
Guru Mata Pelajaran





Drs. MISBAHUL MUNIR
NIP. 19690304200801 015










Isrofike

Hai, Saya Isrofike... beberapa tahun yang lalu saya berharap dapat merealisasikan ide-ide tentang mempresentasikan setiap informasi yang penting dengan memadukan kemampuan setiap orang dalam melihat, mendengar dan merasa, sehingga setiap informasi dapat dengan mudah dipahami. berharap setiap contoh yang saya buat dapat mendapatkan respon dan dukungan untuk kelanjutan dari setiap ide-ide... "Dalam keterbatasan bukan berarti harus menyerah, walau impian hanya hayalan bukan berarti hanya dalam angan"

No comments:

Post a Comment